Class,method,constructor,modifier dan object
Pada pemrogrman berorientasi objek terdapat dua
istilah yang sangat terkenal yaitu kelas da objek. Kelas dapat di analogikan
sebagai cetakan dari suatu benda (objek), sedangkan objek adlah benda/hasil
produksi dari cetakan (kelas) tersebut.
A.
Class
Kelas pada
java di defenisikan dengan menggunakan kata kunci class.berikut inimerupakan
deklarasi kelas padda java:
[modifier1] class Namakelas [modifier2]{
Class body;
}
B.
Method
Digunakan
untuk memodularisasi program melalui pemisahan satu tugas menjadi satu unit
tersendiri.
[modifier1]tipeNilaiKembalian
namaMethod(parameter input){
Method body;
}
C.
Constructor
Merupakan
method yang namanya sama dengan nama kelas dimana method itu berada.digunakan
untuk menginisialisasi nilai awal (membaerikan nilai default) pada
atribut-atribut yang dimiliki oleh suatu
objek saat objek itu pertama kali dibuat.
D.
Modifier
Adalah sifat
yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelas dalam java. Modifier
akses adalahmodifier yang selalu digunakan,modifier akses terdiri dari Private,Default, Protected, dan Public dan beberapa Modifier lainnya
yaitu Static dan Final.
E.
Object
Sebuah kelas
dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat diperlakukan
secara berbeda oleh objek-objek lain yang menggunakannya biasanya menggunakan NEW untuk
membuat objek dari suatu kelas objek dibuat dengan cara menuliskan:
1.
Namakelas NamaObjek= new NamaConstructor();
2.
Namakelas namaObjek;
Namaobjek=new
NamaConstructor();
LANGKAH-LANGKAH
PRAKTIKUM
A.
Membuat Program
Disket.java
Public class Disket {
Int
panjang = 10;
Final
int LEBAR = 10;
String warna = “kuning”;
String
bentuk = “segi empat”;
String
data = “ “;
Void simpanData (String data1) {
This.data
+= data1;
}
String bacaData() {
Return
data;
}
}
B.
Membuat Program MainDisket.java
Class
MainDisket {
Public static
void main (String[] args) {
Disket disk1 = new Disket();
System.out.println(“Panjang disket = “+
disk1.panjang);
System.out.println(“Lebar disket = “+
disk1.LEBAR);
System.out.println(“Warna disket = “+
disk1.warna);
System.out.println(“Bentuk disket = “+
disk1.bentuk);
System.out.println(“data mula-mula = “+
disk1.bacadata());
Disk1.simpanData(“Belajar java”);
System.out.println(“setelah simpanData = “+
disk1.bacadata());
Disk1.hapusData();
System.out.println(“Setelah hapusData = “+
disk1.bacadata());
}
}
C.
Mengimplementasikan konstruktor pada class Disket
Pada file Disket.java tambahkan source kode
dibawah ini pada baris ke 7 setelah di tambahkan ,simpan,compile dan run kelas
Disket () {
Panjang = 100;
}
Disket (int panjang1) {
This.panjang = panjang1;
}
Dan ubah
source kode pada baris ke 3 dari MainDisket.java dangan source kode di bawah
ini:
Disket disk1 = new Disket(50);
Tidak ada komentar:
Posting Komentar