Rabu, 17 Oktober 2012

PEMROGRAMAN JAVA


Class,method,constructor,modifier dan object
Pada pemrogrman berorientasi objek terdapat dua istilah yang sangat terkenal yaitu kelas da objek. Kelas dapat di analogikan sebagai cetakan dari suatu benda (objek), sedangkan objek adlah benda/hasil produksi dari cetakan (kelas) tersebut.
A.   Class
Kelas pada java di defenisikan dengan menggunakan kata kunci class.berikut inimerupakan deklarasi kelas padda java:
       [modifier1] class Namakelas [modifier2]{
                   Class body;
}
B.   Method
Digunakan untuk memodularisasi program melalui pemisahan satu tugas menjadi satu unit tersendiri.
       [modifier1]tipeNilaiKembalian namaMethod(parameter input){
                   Method body;
       }
C.   Constructor
Merupakan method yang namanya sama dengan nama kelas dimana method itu berada.digunakan untuk menginisialisasi nilai awal (membaerikan nilai default) pada atribut-atribut yang dimiliki oleh  suatu objek saat objek itu pertama kali dibuat.
D.   Modifier
Adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelas dalam java. Modifier akses adalahmodifier yang selalu digunakan,modifier akses terdiri dari Private,Default, Protected, dan Public dan beberapa Modifier lainnya yaitu  Static dan Final.
E.    Object
Sebuah kelas dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat diperlakukan secara berbeda oleh objek-objek lain yang menggunakannya biasanya menggunakan  NEW untuk membuat objek dari suatu kelas objek dibuat dengan cara menuliskan:
1.      Namakelas NamaObjek= new NamaConstructor();
2.      Namakelas namaObjek;
Namaobjek=new NamaConstructor();

LANGKAH-LANGKAH PRAKTIKUM
A.       Membuat Program  Disket.java
Public class Disket {
       Int panjang = 10;
       Final int LEBAR = 10;
       String  warna = “kuning”;
       String bentuk = “segi empat”;
       String data = “ “;
Void simpanData (String data1) {
                       This.data += data1;
}
String bacaData() {
       Return data;
}
}
B.        Membuat Program MainDisket.java
Class MainDisket {
Public static void main (String[] args) {
     Disket disk1 = new Disket();
     System.out.println(“Panjang disket = “+ disk1.panjang);
     System.out.println(“Lebar disket = “+ disk1.LEBAR);
     System.out.println(“Warna disket = “+ disk1.warna);
     System.out.println(“Bentuk disket = “+ disk1.bentuk);
     System.out.println(“data mula-mula = “+ disk1.bacadata());
     Disk1.simpanData(“Belajar java”);
     System.out.println(“setelah simpanData = “+ disk1.bacadata());
     Disk1.hapusData();
     System.out.println(“Setelah hapusData = “+ disk1.bacadata());
     }
     }
C.       Mengimplementasikan konstruktor pada class Disket
Pada file Disket.java tambahkan source kode dibawah ini pada baris ke 7 setelah di tambahkan ,simpan,compile dan run kelas  
     Disket () {
                 Panjang = 100;
     }
     Disket (int panjang1) {
                 This.panjang = panjang1;
     }
Dan ubah source kode pada baris ke 3 dari MainDisket.java dangan source kode di bawah ini:
     Disket disk1 = new Disket(50);





Tidak ada komentar:

Posting Komentar